Rabu, 26 Maret 2008

Mapping Potensi Desa Dengan Dialog


JEMBER – Kabupaten Jember, memiliki berbagai potensi yang luar biasa jika dikelola dengan baik dan lebih profesional. Banyak material alam yang hingga saat ini masih belum optimal dikelola. Sehingga manfaat yang bisa diambil untuk kebesaran dan kemakmuran Jember belum terlalu besar.
Contoh kecil, Di Kecamatan Puger, berbagai potensi alam luar biasa menghampar. Kekayaan laut yang dimilikinya, sudah sangat banyak membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain laut, Kawasan Puger juga memiliki tambang Batu Gamping dalam jumlah sangat banyak. Dibanding dengan 31 kecamatan lainnya, Puger dipandang paling potensial untuk melakukan pengelolaan kekayaan alamnya.
Demikian diungkap Bupati Jember, MZA Djalal dalam sambutannya pada acara Dialog Solutif Bedah Potensi Desa di Puger, selasa (25/03) siang. “Potensi itu merupakan kekayaan luar biasa yang dianugerahkan Tuhan. Tugas kita adalah bersungguh-sungguh melakukan pemanfaatan untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah,”ujarnya di hadapan ratusan massa yang memadati lapangan Kecamatan Puger.
Optimalisasi potensi itu dengan sendirinya akan memberikan manfaat kepada masyarakat. Efek paling dominan yang akan terjadi adalah pada sektor perekonomian. Meningkatknya aktifitas perekonomian warga itu dengan sendirinya akan menjadi pendorong bagi kemajuan sektor lainnya. Oleh karena itu warga sebaiknya memberikan dukungan sebaik mungkin jika langkah pengelolaan potensi lokal Puger dilakukan.
Potensi batu kapur dapat dipergunakan untuk bahan semen yang menurut rencana pabriknya juga akan dibangun diwilayah ini. Dengan rencana berdirinya pabrik semen di Kecamatan Puger, maka secara otomatis akan juga menyerap banyak tenaga kerja, sehingga nasib para buruh akan meningkat. “Ayo bersama-sama dan dengan tulus iklas membangun Puger dan Jember kedepan yang lebih baik, “ajak Djalal.
Djalal mengaku akan mengupayakan pembangunan Pabrik semen dengan bahan batu kapur dan gamping yang ada di Puger. Rencananya, pabrik itupun akan ditempatkan di kecamatan daerah paling selatan itu. Jika sudah berdiri, masyarakat Puger akan menjadi semakin sejahtera, karena berbagai aktifitas ekonomi akan semakin menggeliat positif.
Sementara, Agus Widianto, salah seorang warga Grenden Puger mengeluh kepada Djalal tentang masih minimnya keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan potensi. Oleh karena itu, meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember untuk lebih banyak melibatkan masyarakat yang ada disekitar dengan program padat karya misalnya. “Agar warga grenden yang ada disekitar lokasi batu kapur tidak saja terkena abunya, namun hasilnya juga merasakan, “jelasnya
Mendengar keluhan Agus Widianto warga Desa Grenden, Bupati Djalal langsung menyetujui usulan tersebut dan akan mencari solusi terbaik agar sama-sama antara Pemerintah Kabupatan Jember dan masyarakat mendapatkan manfaatnya, “kata Djalal.(hh)

0 komentar: