Selasa, 29 Januari 2008

Realisasi Visi dan Missi Pembangunan


Kepala badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Bappekab) Jember, Mudhar Syarifuddin menyatakan langkah Disnak itu merupakan bagian dari pelaksanaan visi missi Pemkab yang salah satunya menginginkan perkembangan dan pemberian manfaat ekonomi kerakyatan secara optimal kepada masyarakat.
Kepentingan itu telah didorong oleh Pemkab Jember dengan memberikan berbagai peralatan dan fasilitas kepaa masing-masing unit Kerja agar lebih mudah dalam melakukan tindakan yang direncanakan. “Kita memang akan terus mengupayakn gerakan-gerakan yangbisa memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya peningkatan sektor ekonominya,”ujar Mudhar kemarin.
Pendatapan Asli Daerah (PAD), menurut Mudhar sudah seharusnya diupayakan terjadi peningkatan dan bersumber dari berbagai sektor. Jember yang memiliki wilayah luas dengan potensi yang besar, harus dimanfaatkan secara maksimal. Pasalnya, jika Pad terus meningkat secara significant, maka ketergantungan kepada sektor pendapatan lain akan menjasi terkurangi.
Dijelaskan Mudhar, Pemkab saat ini memang berkonsentrasi dengan melengkapi kebutuhan dasar yang dibutuhkan seluruh komponen masyarakat untuk bisa meningkatkan taraf hidupnya. Seluruh infra struktur yang dibutuhkan akan disentuh dan dipenuhi secara bertahap.
Selama tahun 2005 hingga 2007, pemkab Jember telah membuka sebanyak 14 UPTD Pertanian, 2 Unit Balai Benih Ikan (BBI) dan sub sektor peternakan telah dibangun 14 unit RPH. “Selain itu ditahun 2007, pemkab juga sudah membangun Laboratorium kesehatan hewan tipe C,”terang Mudhar.
Penyediaan sarana dan pra sarana itu, merupakan bagian dari pelaksanaan komitment Pemkab Jember untuk memberikan kemudahan dan jalan terbaik bagi masyarakat yang ingin maju dan meningkatkan taraf ekonominya dengan usahanya masing-masing.
Bagi Pemkab Jember, peningkatan kesejahteraan rakyat adalah target pertama yang harus dicapai. “Oleh karena itu, secara bertahap akan terus ditambah berbagai fasilitas yang dibutuhkan masyarakat lewat unit-unit kerja yang ada dilingkungan Pemkab Jember,”pungkas Mudhar. (hh)

0 komentar: