Selasa, 11 Maret 2008

Upayakan Sinergitas dengan Bank


JEMBER – Usai mendengarkan keluhan pengelola LKMM Srikandi, Djalal langsung berjanji akan mencarikan jalan keluarnya. Salah satunya adalah dengan mempertemukan lembaga penyedia modal bagi usaha micro itu dengan pimpinan Bank Jatim Jember.
Jika pertemuan bisa dilakukan, pengurus LKMM dengan leluasa bisa memaparkan berbagai perkembangan usaha permodalan yang dikelola. ”Nanti akan saya undang Bank Jatim Jember dan saya pertemukan dengan LKMM ini,”ujar Djalal menjanjikan.
Menanggapi keluhan pengurus yang merasa sulit untuk mendapatkan akes permodalan dari pihak Bank, Djalal menyarankan agar pengurus juga memaparkan persoalan tersebut diforum. Sehingga berbagai kendala mendasar untuk mendapatkan akses permodalan itu akan kelihatan dan bisa dicarikan jalan keluarnya.
Sebagai lembaga yang menyediakan modal untuk usaha, perbankan memang dituntut untuk berhati-hati. Namun bukan berarti tidak ada jalan keluar. ”Kita bicarakan disana, mungkin ada yang masih belum terpenuhi persyaratannya lainnya,”ujarnya sambil mengingatkan untuk membawa berkas yang pernah diajukan.
Namun Djalal tetap meminta agar semangat untuk berkarya dan membangun perekonomian dengan LKMM jangan surut hanya persoalan sulit mendapatkan bantuan dana dari Bank. Kegiatan pengembangan usaha mikro itu tetap akan diberikan perhatian lebih Pemerintah Kabupaten Jember. ”Dasarnya harus iklas mengurusi kelompok ini agar dapat lebih maju dan dapat mensejahterakan masyarakat disini,”pintanya
Sebelum meninggalkan kantor LKMM Srikandi, Djalal bekesempatan mengisi buku tamu dan memberikan kesan dan pesannya kepada pengurus dan anggotannya. ”Saya senang sekali atas kerukunan dan semangatnya,”demikian yang ditulis oleh MZA Djalal berikut membumbuhi tanda tangan di buku tamu LKMM Srikandi. (hh)

0 komentar: