Rabu, 15 Oktober 2008

Jamur Berasap Tumbuh Di Kreongan


JEMBER – Warga Jl Cumpedak Dusun Kreongan Kelurahan Jember Kidul geger akibat munculnya beberapa Jamur aneh ukuran ekstra besar di samping halaman rumah Bu Jumaati. Tak pelak, rumah bu Jum akhirnya akhirnya dipenuhi warga yang ingin tahu dari dekat Jamur aneh berwarna hitam kecoklatan itu.
Menurut penuturan warga dilokasi, hal aneh yang terlihat dari fisik jamur itu adalah ukuran diameter yang mencapai 40 centimeter. Tumbuhan yang dua hari lalu hanya berdiamter sekitar 15 Centimeter itu bisa berkembang cepat hanya dalam tempo dua hari. “Dan dari baliknya dalam waktu tertentu mengeluarkan asap halus seperti orang ngisap rokok itu,”ujar Bu Jum kemarin dilokasi.
Didik, tetangga Bu Jum menceritakan, Jamur itu diketemukan pertama kali oleh Bu Jum hari senin (13/10) lalu. Tetapi perempuan tua itu merasa tidak ada hal aneh. Baru kemarin pagi, Bu Jum merasa aneh karena perkembangan jamur itu sangat cepat. Diapun mendatangi bu Didik yang rumahnya persis di depan rumahnya. “Kalau mau masak Jamur, dipekarangan rumah saya ada yang sangat besar ukurannya,”ujar Didik menirukan Ajakan bu Jum.
Cerita tentang tanaman yang tumbuh dan besar tiba-tiba itupun kemudian menjalar ke seluruh kampong. Hingga kemarin sore, rumah Bu Jum banyak dikunjungi orang untuk melihat dari dekat, Jamur yang tumbuh di bawah pohon mangga dan beberapa pohon kopi itu.
Didik sendiri mengaku heran dengan Jamur itu. “Saya ditempat ini sudah 18 tahun. Tidak pernah muncul tanaman seperti itu, gak tahu. Kok tiba-tiba muncul jamur itu. Padahal, tanah itu dari dulu tidak pernah ditumpungi apapun,”terang Didik menjelaskan. (hh)

0 komentar: